sinopsis drama korea black

Drama Korea Black, Sinopsis

BLACK  adalah drama korea yang menceritakan tentang keserakahan yang berujung pada tragedi berkepanjangan dengan mengorbankan banyak nyawa manusia untuk memenuhi hasrat keserakahan itu. Berawal dari peristiwa pelecehan s**sual terhadap seorang remaja 20 tahun yang lalu di Kota Moojin yang tanpa sengaja terekam kamera. Tragedi pembunuhan satu per satu untuk menutupi peristiwa tersebut mulai terjadi.


Dibintangi oleh aktor ternama Song Seung Heon dan Go Ara tentunya Drama Korea Black menarik untuk diikuti. Selain memang sinopsis drama korea yang menarik dan penuh teka-teki. Penonton akan merasa seperti sedang menyusun puzzle setiap menonton satu per satu episodenya (setidaknya itulah yang saya rasakan saat menonton drama ini). 

Apa yang dipikirkan saat mengikuti drama ini sejak awal, “Ah, sepertinya begini” atau “Sepertinya begitu, deh” ternyata semua itu salah. Banyak kejutan tak terduga di setiap episodenya yang membuat penonton merasa bersalah dengan tebakannya mengenai jalan cerita drama ini. Tentunya hal ini menunjukkan kualitas penulis drama ini yang luar biasa, bukan? Walaupun ada beberapa kritikan yang muncul mengenai ending drama ini. Tapi menurut saya, justru itu pilihan ending yang terbaik dengan membuatnya menjadi bittersweetending untuk kisah cinta kedua tokoh utama.

Secara garis besar drama ini menceritakan tentang seorang malaikat maut, 444 yang merasuki tubuh seorang detektif bernama Han Moo Gang (Song Seung Heon) untuk mencari pa­rtnernya yang mencoba kabur saat hendak menjemput jiwa orang yang akan meninggal. Partnernya itu merupakan mantan manusia yang bunuh diri dan berakhir menjadi malaikat maut. Detektif Han Moo Gang sendiri meninggal saat disandera oleh seorang tentara yang kabur. Dalam pencarian 444 menemukan pa­rtnernya (loser), ia bertemu dengan Kang Ha Ram (Go Ara) yang mengira Han Moo Gang (yang kini dirasuki 444) adalah cinta pertamanya Kim Joon. 

Kang Ha Ram yang ternyata memiliki kemampuan bisa melihat bayangan kematian dimanfaatkan oleh 444 untuk menemukan partnernya. Tapi yang terjadi malah 444 diminta Kang Ha Ram untuk bekerja sama menyelamatkan orang-orang yang memiliki bayangan kematian agar terhindar dari kematian. Tentu saja, 444 yang merupakan seorang malaikat maut tidak mau mencampuri urusan kematian dan berusaha untuk menghentikan Kang Ha Ram menyelamatkan orang-orang yang memiliki bayangan kematian. 

Tapi, seiring berjalannya waktu empati dalam diri 444 mulai tumbuh. Ia bahkan sempat menangis saat melihat orang yang harus meninggal secara tidak adil di depan matanya, yaitu ketika ayahnya Seung Chul (korban runtuhnya Moojin Time Mart 20 tahun lalu) meninggal saat memperjuangkan kebenaran dari tragedi runtuhnya Moojin Time Mart tersebut. 

sinopsis drama korea black

444 pun yang awalnya tidak peduli dengan Tiffany seorang ibu tunggal yang merupakan korban pelecehan s**ksual  yang akan mati bunuh diri  bersama anaknya, pada akhirnya ia tersentuh dan ingin menyelamatkannya. Seiring berjalannya waktu pula, mulai tumbuh perasaan cinta 444 kepada Kang Ha Ram.

Selama masa pencarian partnernya, 444 justru dihadapkan pada berbagai kasus kematian yang saling berkaitan dengan peristiwa 20 tahun yang lalu. Dan pada akhirnya, 444 bisa mengetahui identitas asli siapa dirinya sebenarnya. Dan setelah mengetahui identitasnya yang sebenarnya dan apa yang terjadi kepada dirinya sehingga ia bisa menjadi malaikat maut, demi cintanya kepada Kang Ha Ram 444 justru rela mengubur kebenaran tentang dirinya dan rela menerima hukuman terberat dari pelanggaran sebagai malaikat maut agar Kang Ha Ram tidak mengetahui kebenarannya dan agar Kang Ha Ram bisa hidup bahagia.

Sebenarnya semua cerita ini berawal dari 20 tahun yang lalu di Moojin. Di mana pada saat itu di Moojin  terdapat tempat prostitusi remaja yang dikelola oleh Madam Clara, yaitu Pumpkin Singer. Salah seorang remaja bernama Kim Sun Young menjadi korban dari prostitusi remaja tersebut. Kim Sun Young sendiri merupakan cinta pertama Kim Joon yang menjadi cinta pertama Kang Ha Ram. 

Tadinya Kim Sun Young tinggal bersama keluarga Kim Joon, namun karena ibu Kim Joon dipenjara untuk melindungi Kim Joon yang di dalam tasnya diketahui polisi terdapat obat-obatan terlarang. Kim Sun Young pun dititipkan pada Clara. Sementara Kim Joon dititipkan pada keluarga ayah kandungnya di Seoul. Tapi, ternyata ayah kandungnya sudah meninggal. Kim Joon pun tinggal bersama ibu tiri dan adik tirinya, Han Moo Kang. Sejak itulah, tragedi terjadi. 



Kim Sun Young yang menjadi korban pelecehan kabur dan mengubah identitasnya karena takut dikejar oleh pihak-pihak yang menginginkan tape rekaman pelecahan kepada dirinya yang tak sengaja terekam. Karena tentu saja tape itu bisa menghancurkan karir si pelaku yang berbuat tidak senonoh terhadap Kim Sun Young. Kim Sun Young sendiri tidak tahu keberadaan tape tersebut di mana? Siapa yang menginginkan tape itu dan di mana tape itu berada menjadi teka-teki yang menarik untuk ditelusuri jawabannya saat menikmati drama ini?

Banyak orang yang telah menjadi korban untuk menutupi kebusukan 20 tahun yang lalu. Kejam. Di akhir drama, dituliskan bahwa drama ini didedikasikan kepada korban peristiwa-peristiwa yang terlupakan. Salah satu peristiwa yang diangkat dalam drama Black ini selain kasus pelecehan terhadap remaja adalah runtuhnya Moojin Time Mart

Dalam drama diceritakan Moojin Time Mart runtuh pada 16 April 1997. Peristiwa tersebut menelan banyak korban, dua di antaranya Park Seung Chul dan Jang Hyun Soo teman Kim Joon di Moojin. Pada saat peristiwa runtuhnya Moojin Time Mart  terjadi itulah, pelecahan terhadap Kim Sun Young pun terjadi. Dan terjadilah kongkalikong di antara pihak-pihak yang terlibat untuk menutupi semua peristiwa tersebut demi keserakahan mereka sendiri.

Dalam kehidupan nyata sendiri, di Korea Selatan memang pernah terjadi peristiwa runtuhnya shopping mall pada tahun 1995, yaitu runtuhnya Sampoong Departement Store. Peristiwa tersebut bahkan katanya dianggap sebagai “The Largest Peacetime Disaster in South Korean History”. Kejadian tersebut disebabkan kontruksi bangunan yang tidak sesuai. Tragedi Sampoong terjadi  karena keserakahan pemiliknya sendiri. Bangunan yang tadinya akan dipergunakan untuk perkantoran malah dijadikan departement store. Pemiliknya ini tidak mau mendengarkan saran dari kontraktor yang tidak setuju dengan ide pemiliknya ini. Ia malah memecat si kontraktor dan menggantinya. 

sinopsis black

Pada akhirnya, keserakahan itu menghancurkan dirinya sendiri dan juga telah menghancurkan orang banyak. Banyak orang yang tak berdosa yang mungkin hari itu sedang berada di departement store menjadi korban keserakahan sang pemilik departement store. Entah mungkin memang penulis terinspirasi dari peristiwa Sampoong Departement Store itu atau tidak, yang jelas peristiwa runtuhnya pusat perbelanjaan di Korea Selatan memang pernah terjadi.

Banyak hal yang bisa kita renungkan dengan menonton drama Black ini. Keserakahan dapat menghancurkan diri sendiri. Pelajaran lainnya, yaitu tentang kematian. Sekalipun kita bisa melihat bayangan kematian dan mencoba menghalanginya tapi jika mati itu sudah kehendak Tuhan apa mau dikata. Kang Ha Ram pernah mencoba menyelamatkan seorang anak yang akan mati dibunuh oleh gurunya  sendiri karena mengetahui kebejatan gurunya yang melecehkan murid permpuannya. Kang Ha Ram berhasil menyelamatkan  anak itu dan mencoba memastikan  apakah anak itu masih memiliki bayangan hitam atau tidak. Kang Ha Ram yang tidak lagi melihat bayangan kematian pada anak itu, merasa anak itu sudah aman dari kematian. Tapi sebenarnya malaikat maut masih menunggui anak itu dan Kang Ha Ram tidak teliti melihatnya. Pada akhirnya anak itupun meninggal dengan cara lain. 

Kita pun sebagai manusia biasa tidak berhak mencampuri takdir kematian sekalipun kita bisa mencegah kematian, karena tentu pasti ada akibatnya. Seperti halnya Kang Ha Ram yang mencoba menyelamatkan Wang Young Chun sebanyak dua kali, tapi malah menyebabkan kematian bagi orang lain karena ternyata si Wang Young Chun ini merupakan pembunuh bayaran yang 20 tahun lalu diperintahkan oleh pelaku pelecahan Kim Sun Young untuk mendapatkan tape rekaman dari Kim Sun Young. Saat 20 tahun yang lalu pun Wang Young Chun sudah membunuh beberapa orang termasuk ayahnya Kang Ha Ram. Wang Young Chun yang dikurung selama 20 tahun lamanya di rumah sakit jiwa mencoba membalas dendam kepada orang-orang yang telah membuatnya terkurung itu.

Sebagai manusia biasa yang tak luput dari dosa, jika kita mendapatkan kemampuan bisa melihat kematian tentu itu merupakan suatu anugerah. Kita bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menjemput kematian karena sudah tahu kapan kita akan meninggal. Tapi ternyata, memiliki kemampuan seperti itu tidaklah sebaik yang kita kira, justru malah menakutkan. Kang Ha Ram sendiri, karena kemampuannya tersebut malah secara tak sengaja mencelakai orang yang dicintainya. Sempat frustasi, ia bahkan berniat menusuk matanya dengan sumpit tapi beruntung masi bisa dicegah oleh 444.

Bersyukurlah kematian itu menjadi rahasia Tuhan, sehingga kita tidak perlu merasa takut saat mengetahui kematian. Mengetahui kematian sejak awal lebih menakutkan daripada tidak tahu sama sekali.. Tugas kita kan cukup dengan mempersiapkan diri dengan amal dan ibadah kita setiap harinya, karena kematian itu rahasia Tuhan bisa datang kapan saja. Dengan kita mempersiapkan diri tentu kita tidak akan merasa takut saat bertemu malaikat maut yang akan mengantarkan kita pada pintu kematian, apalagi kalau malaikat mautnya setampan Song Seung Heon Oppa (eh). Ga nyesel pokoknya mengikuti drama ini. Seru.

About the author